BLOG PUSAT KAJIAN AGAMA ISLAM


Blog ini pertama kali diterbitkan pada 01 Februari 2012 dengan nama Blog Pusat Kajian Agama Islam.

Pembuatan Blog ini dilatar belakangi oleh keinginan untuk menyimpan berbagai informasi yang bermanfaat yang di peroleh dari internet, dimana pada kondisi tertentu secara pribadi saya tidak memiliki waktu banyak dalam membaca berbagai informasi yang bermanfaat yang banyak beredar di internet. Hal ini menjadikan saya berpikir untuk membuat sesuatu yang bisa menyimpan data secara tertulis yang nantinya dapat dibaca kembali di waktu luang. Atas dasar alasan inilah kemudian blog ini saya buat, dan ternyata setelah saya belajar dari berbagai tutorial yang ada dan berhasil menciptakan satu blog, wah....hasilnya sangat memuaskan.

Perlu diketahui sebenarnya blog yang ada sekarang ini bukanlah blog yang pertama kali saya buat. Tepatnya pada awal november 2011 adalah pembuatan blog saya yang pertama kali dan pada bulan januari 2012 blog sebelumnya terpaksa saya hapus karena suatu alasan.....kemudian pada 01 Februari 2012 saya kembali membuat satu blog yang hampir memiliki kesamaan dari segi isi dan bahasannya dengan blog yang pertama.


Dalam pembuatan blog saya yang pertama kali, awalnya saya mengalami sedikit kesulitan dalam sagala hal mengenai pengelolaan blog, terutama dalam memperindah tampilan blog dan sedikit dalam masalah pengeditan posting artikel. Namun sejak bebrapa bulan belajar blogspot dgn waktu yang cukup terbatas sedikitnya saya sudah menguasai berbagai trik dalam pengelolaan blog....walaupun tidak semuanya dikatakan bisa namun secara pribadi pengalaman itu sudah cukup, apalagi saya adalah pemula sebagai blogger.

Saya juga berterima kasih pada seluruh rekan-rekan blogger yang telah menyediakan berbagai informasi bagi saya dalam belajar mengelola blog. Harapannya semoga blog ini bisa eksis dan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi diri saya maupun bagi yang pernah melihatnya....

Oo...ia, sebelum saya beranjak dari cerita sejarah blog ini, saya ingin berbagi informasi untuk yang pertama kali......informasi ini saya dapatkan dari teman blogger yang lain juga, namun tidak ada salahnya....jika saya menerbitkan kembali melalui blog pribadi saya. berikut informasinya :

Sejarah Singkat Blog

Bagi para pengguna internet atau dunia online, tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya blog. Bahkan, mungkin kebanyakan dari kita lebih banyak “mengkonsumsi” blog itu sendiri dibandingkan dengan website. Dan setidaknya kita memiliki satu blog favorit dari jutaan blog yang ada.

Blog tersebut dapat berupa blog berita, blog yang membahas tentang hobi tertentu, blog yang berhubungan dengan bisnis, blog yang murni berisi tentang hiburan atau blog yang lebih bersifat pribadi lagi. Dan semua itu diawali kurang lebih sekitar 16 tahun yang lalu. Berikut sejarah singkat blog hingga menjadi seperti ini.

Mungkin tidak banyak yang mengenal links.net milik Justin Hall dibandingkan dengan blog-blog populer masa kini. Padahal itu adalah blog paling awal (tahun 1994), walaupun awalnya belum disebut dengan blog tetapi lebih dikenali sebagai halaman atau website pribadi saja.

Istilah blog baru muncul 3 tahun kemudian melalui kreasi Jorn Barger dengan blognya Robot Wisdom. Istilah blog sendiri awalnya muncul dari proses “logging the web” dimana dia “mencatat” semua hal yang menarik dalam bidang seni dan teknologi ke dalam website tersebut.

Kemudian pada tahun 1999, seorang programmer bernama Peter Merholz menyingkat istilah weblog (hasil dari logging the web) menjadi blog.

Awalnya sebelum muncul platform blog seperti sekarang, mereka melakukan update blogging secara manual, termasuk halaman depan dan proses pengarsipan. Dan hal ini tidak semudah sekarang, dimana kita melakukan blogging dengan platform-platform yang canggih.

Platform-platform yang waktu itu paling dikenal adalah LiveJournal, lalu kemudian pada tahun 1999, muncul Blogger yang disusun oleh Evan Williams dan Meg Hourihan di Pyra Labs. Blogger yang akhirnya membawa blogging menjadi sesuatu yang lebih besar lagi.

Tahun 1999, menurut Jesse James Garret, baru ada 23 blog di internet. Tetapi pada pertengahan tahun 2006, berdasar Technorati, jumlah blog sudah berkembang hingga mencapai 50 juta blog. Pertumbuhan yang luar biasa.

Karena cukup menarik, tahun 2001, bermunculan blog-blog yang membahas mengenai panduan dan how-to, khususnya panduan mengenai blogging. Dan muncul blog-blog lain yang populer saat ini. Seperti Gismodo, Gawker, Huffington Post dsb.

Tahun 2003, muncul paltform blogging WordPress dan Typepad. Layanan-layanan terkait blogging seperti Technorati muncul pada tahun 2002, Audioblogger untuk layanan podcasting muncul tahun 2003, video blog, YouTube muncul pada tahun 2004.

Tahun 2003 juga muncul Adsense sebagai platform periklanan di blog. Membuat bloggin makin menarik karena dapat menghasilkan uang, bahkan beberapa blogger menjadikannya sebagai karir.

Blogging berkembang lagi menjadi blogging dengan materi yang lebih singkat (microblogging) seperti layanan Twitter. Lalu Tumblr muncul pada tahun 2007, dan Posterous muncul pada tahun 2008.

Blog hingga akhir tahun 2010 tercatat mencapai 152 juta blog. Sudahkah anda memiliki salah satunya? Pastikan anda terlibat dalam sejarah singkat blog.

0 komentar

Posting Komentar